www.bakso-kaget.com News: Donald Trump Keluarkan Perintah Eksekutif Reformasi Kepolisian Pasca Kemat

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakankepada para wartawan pada Senin bahwa dia akan menandatangani sebuah perintah eksekutif untuk reformasi kepolisian yang akan dijadwalkan pada hari Selasa.

"Tujuan keseluruhannya adalah kami menginginkan hukum dan ketertiban dan kami ingin itu dilakukan dengan adil, adil. Kami ingin itu dilakukan dengan aman," katanya di Gedung Putih. "Ini soal hukum dan ketertiban, tetapi ini juga soal keadilan."

Perintah eksekutif ini ditandatangani oleh Trump setelah kematian George Floyd oleh seorang polisi Minnesota akhir bulan lalu, dan juga penembakan dan pembunuhan Rayshard Brooks, seorang pria Atlanta, oleh seorang polisi pekan lalu.

Trump mengaku mencermati situasi Rayshard Brooks.

"Saya pikir itu adalah situasi yang mengerikan. Saya mencermatinya dengan seksama," imbuhnya.

Brooks diketahui ditembak dua kali di bagian belakang dan meninggal karena kerusakan organ dan kehilangan darah. Sang penembak Garrett Rolfe, dipecat dan Kepala Kepolisian Atlanta, Erika Shields mengundurkan diri setelah insiden tersebut.

Brooks meninggal setelah sebuah konfrontasi dengan petugas polisi yang menerima laporan dia tertidur di drive-thru sebuah restoran. Polisi mengatakan para petugas berusaha menahan Brooks setelah gagal dalam menenangnya. Polisi mengklaim Brooks seorang perwira dan melarikan diri. Brooks berbalik dan menunjukkan pistol setrum ke arah petugas polisi sebelum ditembak.